Selasa, 20 Maret 2012

Tugas jaga untuk Mualim ( Watchkeeping For Deck Officers )


B. Jaga Navigasi / Laut.

Mualim untuk dapat melaksanakan konpensasi Tugas Jaga Navigasi yang aman wajib memiliki pengetahuan, pemahaman dan keterampilan tentang :

(i) Isi aplikasi dan makna peraturan internasional tentang pencegahan tubrukan di laut ( Collision Regulation ).

(ii) Prinsip-prinsip yang harus diamati selama menjalankan tugas jaga Navigasi.

(iii) Prosedur tim kerja anjungan yang efektif ( Effective Bridge Teamwork Procedures ).

(iv) Menggunakan rute sesuai dengan the General Provisions on Ship Routeing.

 

Mualim atau bridge team dalam melaksanakan tugas jaganya sesungguhnya adalah mewakili tugas nahkoda sebagai penanggung jawab utama keselamatan kapal dalam bernavigasi serta melaksanakan P2TL / COLREG 1972 .

Mualim yang sedang tugas jaga navigasi setiap saat harus melaksanakan pengamatan keliling yang tepat ( Proper look-out ) sesuai aturan 5 Colreg 1972.

Pengamatan keliling bertujuan mempertahankan tingkat kewaspadaan denganmenggunakan pendengaran , penglihatan dan sarana yang tersedia sesuai kondisinya.

Berdasarkan hasil pengamatan keliling wajib dilanjutkan dengan penilaian akan situasi dan resiko tubrukan, kandas dan bahaya navigasi lainnya.

Agar pengamatan keliling dapat dilaksanakan denagn tepat dan perhatian penuh maka pengamat tidak dapat menjalani tugas lain secara bersamaan yang akan dapat mengakibatkan terganggunya tugas pengamatan.

Tugas pengamatan dan mengemudi harus dipisah tidak boleh dirangkap, seorang yang sedang menjalankan tugas mengemudi tidak dapat dianggap sebagai pengamat, kecuali pada kapal-kapal kecil dimana dari posisi mengemudi dapat melihat keseluruh arah ( 360 derajat ) tanpa ada bagian kapal yang menghalangi dan melemahkan pengamatan di malam hari atau adanya kesukaran dilaksanakan pengamatan keliling.

Mualim yang bertugas jaga navigasi dapat sebagai pengamat seorang diri di anjungan di siang hari bila keadaannya :

(i) Situasi telah dinilai dengan cermat dan tanpa keragu-raguan bahwa tugas jaga memungkinkan dilakukan seorang diri akan aman.

(ii) Faktor-faktor relevan telah diperhitungkan sepenuhnya namun tidak terbatas hanya pada:

-Kondisi Cuaca

-Jarak tampak ( Visibility )

-Kepadatan lalu lintas

-Perkiraan akan bahaya navigasi

-Perhatian yang diperlukan bilamana bernavigasi di dekat atau dalam tata pemisahan lalulintas( Traffis Separation Scheme ).

(iii) Bila terjadi perubahan situasi yang tiba-tiba maka diperlukan bantuan yang segera di anjungan dimungkinkan.

 

Penataan penjagaan wajib dibuat oleh Nahkoda atau Mualim pada tingkat management / Mulaim I . dalam penataan tersebut komposisi petugas jaga akan menjamin dapat dilaksanakannya pengamatan keliling secara terus menerus.

Komposisi petugas jaga di anjungan memungkinkan dilibatkannya Anak Buah Kapal yang cakap ( Qualified Ratings ).

Kepada para Mualim / Deck Officers demi terselenggarakannya jaga navigasi yang selamat dan aman agar selalu mengacu tiga huruf ASK :

A = attitude, bersikap disiplin terhadap tugas dan prosedur jaga.

S = skill, memiliki kemampuan atau cakap sebagai Mualim jaga.

K = knowledge, memiliki pengetahuan yang cukup akan tugas sebagai Mualim jaga.

 

Namun berdasarkan ststistic memberi indikasi bahwa dari kejadian tubrukan dan kandas penyebab utamanya adalah akibat kelalaian atau sikap tidak disiplin terhadap tugasnya, bukan karana lack of skill and knowledge.

 Mualim jaga yang bertugas di anjungan membantu nahkoda atau pandu keluar dari perairan sempit atau suatu perairan pelabuhan / bandar, selanjutnya bertugas :

-Melaporkan pandu turun ( Pilot Disembarked ) kepada Port Control VTS.

-Plot posisi beginning of sea voyage / passage.

-Periksa kembali garis haluan ( Ship's intended track ).

-Dapatkan atau hitung kesalahan gyro compass dan kompas magnet serta koreksikan terhadap haluan yang dikemudikan ( sebaiknya tuliskan dipapan haluan yang sedang dikemudikan ).

-Pastikan bahwa kapal siap sea voyage / passage ( Cargo gear pada posisinya denganbaik, tutup palka terkunci dengan baik, pintu-pintu kedap air tertutup dengan baik , bendera-bendera diturunkan, tangga pandu dan gangway telah tersimpan ditempatnya ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar